Interaksi Sosial

     Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan social. Manusia tidak dapat hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap manusia akan berinteraksi berupa:

  1. Interaksi antar individu,
  2. Individu dengan kelompok,

3. Kelompok dengan kelompok. Dengan menjaga interaksi yang baik antara masyarakat dan segala aspek kehidupan seperti ekonomi, budaya, maupun politik diharapkan dapat mendukung pembangunan nasional. Setiap orang akan melakukan interaksi sosial di masyarakat, hal itu dikarekanakan setiap manusia tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan. Contoh interaksi untuk menjaga persatuan antara lain belajar kelompok dan gotong royong. Interaksi dapat terjadi di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.Contoh interaksi di lingkungan masyarakat yaitu :

  1. Melaksanakan kerja bakti secara rutin.
  2. Mengadakan ronda malam.
  3. Menyelesaikan masalah lingkungan melalui bermusyawarah.
  4. Saling menghormati dan menghargai
  5. Tidak mengganggu orang yang sedang beribadah.
  6. Menjunjung tinggi rasa toleransi antar umat beragama.
  7. Tolong-menolong dengan warga sekitar.
  8. Mengadakan perlombaan atau kegiatan yang dapat meningkatkan kebersamaan.

a. Interaksi sosial dalam pembangunan sosial budaya

Pembangunan sosial budaya adalah suatu proses perubahan sosial budaya yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Contoh pembangunan dibidang budaya yaitu mengikuti pelatihan membatik. Pembangunan sosial budaya meliputi beberapa aspek antara lain:

1. Pembangunan dalam aspek Bahasa sebagai Identitas Bangsa

Bangsa Indonesia memiliki bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan pemersatu seluruh warga Indonesia. Pembangunan dalam bidang bahasa meliputi:

  • Bahasa Indonesia diajarkan di sekolah.
  • Bahasa Indonesia digunakan di sekolah, lembaga pemerintah dan tempat umum sebagai alat komunikasi.
  • Bahasa Indonesia dikembangkan oleh pemerintah.
  • Bahasa daerah sebagai kekayaan bangsa Indonesia harus di lestarikan.

2. Pembangunan dalam aspek Adat Istiadat dan Tradisi

  • Melestarikan adat istiadat di suatu daerah. Misalnya melakukan upacara adat sesuai tata cara adat tersebut.
  • Melaksanakan norma-norma yang terdapat dalam suatu adat istiadat.

Norma adalah aturan yang berlaku di masyarakat yang berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat yang tertebit dan damai. Seseorang akan diterima sebagai warga yang baik apabila mampu menyesuaikan dan melaksanakan norma-norma tersebut.

3. Pembangunan dalam aspek Interaksi dengan Alam

Manusia memanfaatkan alam untuk diolah dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain memanfaatkan alam manusia juga harus melestarikan alam. Pembangunan dalam aspek interaksi dengan alam antara lain:

  • Mengolah sumber daya alam, misalnya mengolah kayu dengan teknologi modern. Selain memanfaatkan manusia juga harus ikut melestarikan contohnya melakukan penanaman kembali tanaman yang di lahan yang diambil pohonnya.
  • Membangun sarana prasarana untuk masyarakat dengan tetap memperhatiakan dampak lingkungan agar lingkungan tidak tercemar.

b. Interaksi dalam bidang pendidikan

Pendidikan berfungsi dalam pengembangan dirinya. Contoh persaingan di bidang pendidikan yaitu berlomba supaya mendapatkan nilai yang terbaik. Ada tiga macam pendidikan yan dapat di tempuh antara lain:

  • Pendidikan Formal, Jalur pendidikan terstruktur dan berjenjang. Dimulai dari TK, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi.
  • Pendidikan Nonformal, Jalur pendidikan yang bertujuan untuk melengkapi pendidikan formal. Contoh PAUD, kursus menari, kursus musik dan bimbingan belajar.
  • Pendidikan Informal,Jalur pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Contohnya pendidikan dalam keluarga.

Ada 4 macam interaksi di bidang pendidikan, antara lain :

  1. Interaksi siswa dengan Misalnya Dedi dan Rudi berdiskusi mengenai materi interaksi social.
  2. Interaksi siswa dengan guru. Misalnya Tina menanyakan materi yang belum dipahami kepada guru.
  3. Interaksi siswa dengan sumber belajar. Misalnya Eka membaca buku di perpustakaan.
  4. Interaksi siswa dengan Misalnya, siswa Sd Aisyiyah melakukan karya wisata ke museum Jogja Kembali.

c. Interaksi di Bidang Ekonomi

Kebutuhan ekonomi merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Manfaat dari interaksi di bidang ekonomi yaitu terpenuhinya berbagai macam kebutuhan hidupnya. Kebutuhan ekonomi meliputi berikut ini:

  1. Kebutuhan sandang, yaitu kebutuhan akan pakaian
  2. Kebutuhan papan, yaitu kebuttuhan akan tempat tinggal.
  3. Kebutuhan pangan, yaitu kebutuhan akan makanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *